Sistem Informasi

1.      Sistem Komputer
Komputer dapat melakukan rangkaian pekerjaan secara otomatis melalui instruksi yang diberikan, dan alat pengolah data menjadi informasi melalui proses tertentu. Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk sistem komputer. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi (Sutarman, 2009). Agar tujuan pokok tesebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. Berikut ini elemen-elemen dari sistem komputer (Sutarman, 2009), yaitu:
a.       Hardware (perangkat keras/ piranti keras) adalah peralatan pada sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat disentuh.
b.      Software (perangkat lunak/ piranti lunak) adalah program yang berisi perintahperintah untuk melakukan pengolahan data.
c.       Brainware adalah manusia yang terlibat di dalam pengoperasian serta pengaturan sistem komputer.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Hardware tanpa adanya software, tidak akan berfungsi sesuai dengan yang semestinys. Software tanpa hardware tidak akan bisa di-install. Hardware yang sudah didukung oleh software juga tidak akan berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya. Tetapi jika ketiganya dikombinasikan, maka akan menghasilkan suatu informasi sesuai dengan yang sangat berguna bagi kehidupan manusia.

2.      Pengertian Sistem
Berikut beberapa pengertian tentang sistem adalah sebagai berikut:
a.       Menurut Suharso dan Ana Retnoningsih dalam kamus besar bahasa Indonesia sistem adalah sekelompok bagian-bagian alat dan sebagainya yang bekerja bersama-sama untuk melakukan sesuatu maksud. Cara atau metode yang teratur untuk melakukan sesuatu.
b.      Sistem merupakan kumpulan dari bagian-bagian (subsistem) yang terkait menjadi satu bentuk mekanisme kerja yang memberi fungsi dan manfaat tertentu (Sutarman, 2009).
Dari beberapa pengertian di atas   dapat diambil suatu kesimpulan bahwa sistem adalah meode yang berada pada satu kesatuan utuh yang terdiri dari beberapa bagian yang saling berhubungan dan berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan utama.

3.      Informasi
     Informasi mempunyai pengertian menurut beberapa ahli sebagai berikut :
a.       Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang mempunyai arti dan bermanfaat bagi manusia (Husein dan Wibowo, 2002).
b.      Informasi adalah data yang telah diolah  dan dianalisa secara formal, dengan cara yang benar dan secara efektif, sehingga hasilnya bisa bermanfaat dalam operasional dana manajemen (Sabarguna, 2003).
c.       Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau di masa mendatang (Davis, 2002).

Dari beberapa pengertian di atas  , dapat disimpulkan bahwa informasi adalah data yang telah diolah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat unruk meningkatkan pengetahuan dan bisa berubah dari suatu masa ke masa lain. Informasi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut (Sabarguna, 2003):
a.       Data yang telah diolah.
b.      Bentuknya lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerima.
c.       Menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata.
d.      Digunakan untuk mengambil keputusan.

Sedangkan menurut Gordon B. Davis (2002), informasi dalam lingkup sistem informasi memiliki beberapa ciri:
a.       Benar atau salah. Ini dapat berhubungan dengan realitas atau tidak. Bila penerima informasi yang salah mempercayainya, akibatnya sama seperti yang benar.
b.      Baru. Informasi dapat sama sekali baru dan segar bagi penerimanya.
c.       Tambahan. Informasi dapat memperbaharui atau memberikan tambahan baru pada informasi yang telah ada.
d.      Korektif. Informasi dapat menjadi suatu koreksi atas informasi salah tau palsu sebelumya.
e.       Penegas. Informasi dapat mempertegas informasi yang telah ada. Ini masih berguna karena meningkatkan persepsi penerimanya atas kebenaran informasi tersebut.

4.      Sistem Informasi
Sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi (Kadir, 2009). Secara teknis sistem informasi dapat didefenisikan sebagai sekumpulan komponen yang saling berhubungan, mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan informasi untuk menunjang pengambilan keputusan dan pengawasan dalam suatu organisasi. Tiga aktivitas di dalam sistem informasi akan memproduksi informasi yang dibutuhkan adalah input, proses dan output. Input, merekam atau mengumpulkan data mentah dari dalam maupun luar organisasi. Proses, mengubah data input mentah ini menjadi bentuk yang berarti. Output, mengirimkan informasi yang telah diproses ke orang yang akan menggunakan atau kepada aktivitas yang akan menggunakan informasi tersebut.

5.      Sistem Informasi Berbasis Komputer
Sistem informasi berbasis komputer adalah sebuah sistem informasi yang menggunakan komputer dan teknologi telekomunikasi untuk melakukan tugas-tugas yang diinginkan. Teknologi Informasi (TI) merupakan komponen tertentu pada sebuah sistem. Hanya sedikit teknologi informasi yang digunakan secara terpisah, Teknologi INPUT PROCESS OUTPUT FEEDBACK informasi dikombinasikan atau digabungkan ke dalam sistem informasi merupakan cara efektif dalam pemanfaatan TI.
Komponen- komponen dasar dari sistem informasi (Sutarman, 2009) antara
lain sebagai berikut:
a.       Hardware, kumpulan peralatan seperti processor, monitor, keyboard, dan printer yang menerima data dan informasi, memproses data tersebut dan menampilkan data tersebut.
b.      Software, kumpulan program-program komputer yang memungkinkan hardware memproses data.
c.       Database, sekumpulan file yang saling berhubungan dan terorganisasi atau kumpulan record-record yang menyimpan data dan hubungan diantaranya.
d.      Network, sebuah sistem yang terhubung yang menunjang adanya pemakaian bersama sumber di antara komputer-komputer yang berbeda.
e.       People, elemen yang paling penting dalam sistem informasi, termasuk orang-orang yang bekerja dengan sistem informasi atau menggunakan output-nya.

6.      Kemampuan Sistem Informasi
Informasi pada saat sekarang ini hampir sudah menjadi sebuah kebutuhan yang dibutuhkan setiap orang. Untuk bisa bertahan dalam lingkungan bisnis modern, organisasi mengharapkan sistem informasi yang digunakan mempunyai kemampuan yang hebat. Karena hal ini, sistem informasi harus mampu melakukan hal-hal berikut (Sutarman, 2009):
a.       Menyediakan proses transaksi yang cepat dan akurat. Setiap transaksi menghasilkan data yang harus ditangkap secara akurat dan cepat. Proses ini disebut proses transaksi, dan sistem informasi yang menangkap, merekam, menyimpan, dan meng-update data ini disebut sistem proses transaksi.
b.      Menyediakan penyimpanan dengan kapasitas besar dan akses cepat terhadap penyimpanan.
c.       Menyediakan komunikasi yang cepat (mesin dengan mesin, manusia dengan manusia) Jaringan memungkinkan pekerja organisasi dan komputer untuk berkomunikasi secara langsung ke seluruh dunia. Jaringan dengan kapasitas bertransmisi yang tinggi (mempunyai bandwidth tinggi) memungkinkan melakukan komunikasi dengan cepat. Bandwidth yang besar tersebut memungkinkan proses transmisi data, suara, gambar, dokumen, dan video dengan gerakan penuh dilakukan secara simultan.
d.      Mengurangi informasi yang terlalu berlebihan.
e.       Menyediakan penunjang dalam pengambilan keputusan.
f.       Menyediakan senjata kompetitif.
Sistem informasi dihubungkan sepanjang rantai permintaan untuk memberikan keuntungan-keuntungan yang kompetitif kepada organisasi yang terjaring.

Daftar Pustaka :


  • Davis, Gordon B. 2002. Kerangka Dasar Sistem Informai Manajemen Bagian I Pengantar (Cetakan kedua belas).
  • Husein, M.F. dan Wibowo, A. 2002. Sistem Informasi Manajemen (Edisi Revisi). Jogjakarta: Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN.
  • Kadir, Abdul. 2009. Pengenalan Sistem Informasi.Yogyakarta : Andi.
  • Sutarman. 2009. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta : Bumi Aksara.





Previous
Next Post »

Jika Anda ingin bertanya silahkan berkomentar dengan sopan gan dan JANGAN PASANG LINK DI KOMENTAR.... ConversionConversion EmoticonEmoticon