Cara Menggunakan Referensi Relatif dan Absolut pada Microsoft Excel 2013

Cara Menggunakan Referensi Relatif dan Absolut pada Microsoft Excel 2013 Terbaru - Haiii sobat blogger ketemu lagi dengan saya dewan komputer. Semoga Anda sekalian sehat selalu dan jangan pernah malas untuk belajar. Pada kali ini saya akan memposting tentang pengertian dan contoh dari referansi relatif serta absolut. Okeh kita jabarkan satu-persatu

1. Referensi Relatif
Referensi relatif yaitu sebuah pengalamatan sel yang akan berubah secara relatif ketika dikopi ke sel lain. Perubahan itu mengikuti sebuah pola acua (referensi) antara sel tempat rumusdan sel yang dibaca rumus.Sebagai contoh bila pada sel D2 terdapat rumus =B2+C2, kemudian dari sel D2 dikopikan ke sel D3 maka rumus pada sel D3 akan menjadi =B3+C3. Jika rumus itu dikopikan ke sel E4 rumusnya akan menjadi =C4+D4. Jika rumusnya dikopikan ke sel H10 rumusnya akan berubah menjadi =F10+G10.
2. Referensi Absolut
Referensi Absolut yaitu sebuag pengalamatan sel yang tetap walaupun dikopikan ke sel lain. Ini digunakan bilamana formula yang dibuat mereferensi pada sel tertentu saja, sehingga bisa mengkopikan formula tersebut ke sel lain maka referensinya akan tetap pada sel yang sama jadi tidak tergantung pada baris dan kolomnya. Membuat referensi absolut dapat dilakukan dengan mengetikkan langsung pada tanda $ di depan nama kolom dan nomor baris. Misal sel C5 akan dibuat sebagai referensi absolut maka ditulis menjadi $C$5. Jika hanya ditulis $C5 maka kolom C yang dibuat absolut. Jika hanya ditulis C$5 maka hanya baris yang ke 5 yang dibuat absolu. Penekanan tombol fungsi F4 dapat digunakan untuk membuat sel C5 menjadi $C$5.

Sekian penjelasan tentang Cara Menggunakan Referensi Relatif dan Absolut pada Microsoft Excel 2013 semoga bermanfaat. Apabila ada salah kata saya minta maaf dan apabila kurang jelas maka tinggalkan komen pada kotak yang sudah disediakan dibawah..
Previous
Next Post »

Jika Anda ingin bertanya silahkan berkomentar dengan sopan gan dan JANGAN PASANG LINK DI KOMENTAR.... ConversionConversion EmoticonEmoticon