Cara Menggunakan Rumus Menggunakan Fungsi Matematik pada Microsoft Excel 2013

Cara Membuat rumus Menggunakan Fungsi Matematik pada Microsoft Excel 2013 Terbaru - Ketemu lagi dengan saya Dewan Komputer. Fungsi matematik (math and trig) merupakan fungsi yang ada pada matematika contohnya MOD, INT, ROUND. Langsung saja saya jelaskan satu persatu

1. Fungsi MOD
    Fungsi MOD dipergunakan untuk mendapatkan atau menampilkan sisa bilangan dari sebuah operasi pembagian (division). Rumusnya :
=MOD(number,divisor)
Contoh :

Penjelasan :
Pada contoh diatas terlihat numbernya 15 dan divisornya 4 itu berarti sama saja 15 dibagi 4 yaitu 3 dengan angkanya 12 oleh karena itu hasil dari modnya yaitu 15-12=3.


2. Fungsi INT
    Fungsi INT digunakan untuk mengambil nilai bulat dari sebuah angka desimal (bukan pembulatan). Rumusnya :
=INT(number)
Contoh :

Penjelasan :
Pada contoh diatas yaitu int dari angka desimal 10,98975 sehingga hasilnya yaitu 10 karena angka dibelakang koma dibuang semuanya.

3. Fungsi ROUND
    Fungsi ROUND digunakan untuk membulatkan bilangan ke angka terdekat bisa ke atas bisa kebawah hingga jumlah digit desimal yang ditentukan. Rumusnya :
=ROUND(number, num_digits)
Contoh :

Penjelasan :
Pada contoh diatas angkanya yaitu 10,98975 yang berada pada sel D1 dan number digitnya 2 yang menandakan 2 angka dibelakang koma jadi hasilnya akan menjadi 10,99 karena 89 bisa dibulatkan menjadi 9 atau 90. Dan apabila number digitnya diganti 1 maka hasilnya akan menjadi 11,0 atau 11.

Sekian penjelasan tentang Cara Membuat Rumus Menggunakan Fungsi Matematik pada Microsoft Excel 2013 semoga bermanfaat. Apabila ada salah kata saya minta maaf dan apabila kurang jelas maka tinggalkan komen pada kotak yang sudah disediakan dibawah..
Previous
Next Post »

Jika Anda ingin bertanya silahkan berkomentar dengan sopan gan dan JANGAN PASANG LINK DI KOMENTAR.... ConversionConversion EmoticonEmoticon