Sistem operasi (Operating System ; OS)



Sistem operasi (Operating System) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.
Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dengan lapisan software. Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem berkas. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur schedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Ada 5 jenis sistem operasi pada computer yang secara umum telah kita kenal, yaitu :
1.      DOS
2.      Windows
3.      UNIX
4.      LINUX
5.      IBM OS/2
6.      Manchintos OS

DOS (Disk Operating System) adalah suatu program/perangkat yang mengatur serta memadukan pola kerja perangkat keras, perangkat lunak dan perangkat insani. Tugas utamanya adalah mengendalikan arus informasi maupun intruksi antar berbagai komponen dan mengatur pengorganisasian file-file yang ada di disket, CDROM maupun hardisk.
Dalam DOS ada 2 perintah yaitu :

  • Perintah Internal (Internal Command) yaitu seluruh perintah yang dapat dieksekusi (dilaksanakan) komputer secara langsung tanpa membutuhkan file-file program yang ada pada DOS. 
  • Perintah Eksternal (External Command) yaitu erintah – perintah yang memerlukan suatu file untuk memproses perintah tersebut.


Command Prompt adalah sebuah perintah dos yang terdapat pada OS windows yang dapat memudahkan user dalam menjelajahi windows baik secara online maupun offline, dan aplikasi ini bisa juga disalahgunakan oleh seorang cracker untuk menjalankan aksi-aksinya hanya dengan menggunakan command prompt.

Sumber : id.wikipedia.org
Previous
Next Post »

Jika Anda ingin bertanya silahkan berkomentar dengan sopan gan dan JANGAN PASANG LINK DI KOMENTAR.... ConversionConversion EmoticonEmoticon