Cara Menggabungkan Subtitle (Softsub) pada Video atau Film dengan Mudah

Cara Menambahkan Subtitle (Softsub) pada Video atau Film - Hai sobat blogger ketemu lagi dengan saya dewan komputer. Pada kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menggabungkan subtitle secara softsub ke sebuah video atau film. Kadang jika membuka folder sebuah film pasti ada 2 file yang pertama yaitu file video dan yang satunya lagi pasti file subtitlenya. Kadang kita pasti akan sedikit risih karena nama subtitlenya juga harus sama dengan videonya. Dan terkadang meski nama sudah sama tetapi subtitlenya tidak mau muncul. Penggabungan subtitle ini ada 2 yaitu Softsub dan Hardsub.
Hardsub merupakan penggabungan subtitle yang sesuai namanya yaitu secara keras. Subtitlenya akan menempel permanen pada video seperti contohnya jika kita menulis menggunakan pulpen sehingga subtitlenya tidak bisa dihapus. Jika sobat ingin tahu tentang caranya klik Cara Menggabungkan Subtitle Secara Permanen (Hardsub) ke Video atau Film.
Softsub merupakan penggabungan subtitle yang sesuai namanya yaitu secara halus. Kebalikan dari Hardsub, subtitle softsub masih bisa dihapus karena hanya menempelkannya saja seperti contohnya kita menulis menggunakan pensil.

Cara Menggabungkan Subtitle (Softsub) pada Video atau Film
Pada contoh saya kali ini saya menggunakan software yang namanya MKVToolnix. Jadi Videonya nanti akan menjadi formatnya .mkv. Seperti yang sobat tahu sekarang kebanyakan jika sobat mendownload formatnya akan menjadi .mkv. Langkah-langkahnya yaitu :

1. Pertama download softwarenya bisa download disini atau disini.

2. Kemudian install seperti biasanya hanya tinggal Next terus.

3. Setelah terinstal buka softwarenya dan tampilannya kurang lebih akan seperti gambar dibawah. Untuk tampilannya setiap versi pasti ada perbedaan sedikit. Lalu klk Add

4. Pilih video dan subtitle yang ingin sobat gabungkan dan klik Open

5. Setelah video dan subtitlenya ditambahkan maka tampilannya akan seperti gambar dibawah. Jangan lupa untuk mencentangnya selanjutnya pilih foldernya dengan klik Browse namun jika ingin dibiarkan secara default maka akan disimpan pada folder yang sama. Selanjutnya ganti nama videonya karena jika format video sebelumnya MKV dan disimpan pada folder yang sama maka tidak akan bisa. Dan yang terakhir klik tombol Start muxing.

6. Setelah itu akan muncul kotak dialog lagi dan tunggu hingga proses selesai lalu klik OK. Namun jika proses belum selesai maka tombol OK tidak aktif.

7. Jika sudah selesai dan ingin menggabungkan subtitle lagi maka klik Remove all dan ulangi lagi seperti contoh di atas


Sekian postingan saya tentang Cara Menggabungkan Subtitle (Softsub) pada Video atau Film. Dan ingat jika sobat mengkonvert ke format video lain pasti subtitlenya akan hilang karena ini hanya Softsub. Jika ada pertanyaan maka sobaat bisa tinggalkan komentar pada kotak komentar yang telah disediakan dibawah. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi pada pertemuan selanjutnya..

Previous
Next Post »

5 komentar

Click here for komentar
Waldan
admin
19 Oktober 2020 pukul 04.42 ×

akhirnya ketemu tutorial yang 100% work, makasih bang Admin.

Reply
avatar
Anonim
admin
11 Februari 2021 pukul 12.37 ×

Gabungin 2 sub ke 1 video bisa g min?

Reply
avatar
Unknown
admin
14 Januari 2022 pukul 21.00 ×

Berhasil 100%,
Tetapi kok subtitle nya berubah bahasa Inggris.
Padahal waktu masih soft sub Bahasa Indonesia. Gimana ya??

Reply
avatar
Unknown
admin
14 April 2022 pukul 11.38 ×

Makasih bg tutornya👍 setelah nyari nyari cara buat softsub baru ini ketemu, yg lainnya kebanyakan pada jelasin buat hardsub

Reply
avatar

Jika Anda ingin bertanya silahkan berkomentar dengan sopan gan dan JANGAN PASANG LINK DI KOMENTAR.... ConversionConversion EmoticonEmoticon