Cara Menggabungkan Subtitle Permanen (Hardsub) ke Video atau Film dengan Mudah

Cara Menambahkan Subtitle Secara Permanen (Hardsub) ke Video atau Film - Hai sobat blogger ketemu lagi dengan saya dewan komputer. Pada kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menggabungkan subtitle secara permanen atau yang sering disebut Hardsub ke sebuah video atau film. Kadang jika membuka folder sebuah film pasti ada 2 file yang pertama yaitu file video dan yang satunya lagi pasti file subtitlenya. Kadang kita pasti akan sedikit risih karena nama subtitlenya juga harus sama dengan videonya. Dan terkadang meski nama sudah sama tetapi subtitlenya tidak mau muncul. Penggabungan subtitle ini ada 2 yaitu Softsub dan Hardsub.
Softsub merupakan penggabungan subtitle yang sesuai namanya yaitu secara halus. Subtitle softsub masih bisa dihapus karena hanya menempelkannya saja seperti contohnya kita menulis menggunakan pensil. Jika sobat ingin tahu tentang caranya klik Cara Menggabungkan Subtitle (Softsub) pada Video atau Film.
Hardsub merupakan penggabungan subtitle yang sesuai namanya yaitu secara keras. Kebalikan dari softsub yaitu subtitlenya akan menempel permanen pada video seperti contohnya jika kita menulis menggunakan pulpen sehingga subtitlenya tidak bisa dihapus. Ini juga bisa digunakan agar sobat bisa memberikan watermark pada video/film.

Cara Menggabungkan Subtitle Permanen (Hardsub) ke Video atau Film
Pada contoh kali ini saya akan menggunakan software FormatFactory. Jujur saya lebih suka software ini karena sudah sangat lengkap bisa sambil dikonvert ke format video lainnya seperti .avi, .mkv, .mpeg, .3gp, dll. Selain video software ini juga bisa mengkonvert gambar, suara, dll. Langsung saja langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Jika sobat belum punya maka bisa download softwarenya disini.

2. Instal softwarenya seperti biasa pasti bisa yah hanya tinggal klik Next saja.

3.Setelah itu buka softwarenya dan akan muncul tampilannya seperti gambar dibawah. Untuk formatnya sobat bisa pilih dibagian kiri dan jangan lupa pilih yang Video

4. Contohnya saya akan memilih MKV, sebenarnya semuanya sama saja jadi saya contohkan satu saja. Setelah mengeklik MKV maka akan mucul kotak dialog seperti gambar dan pilih Tambahkan File. Jika sudah maka selanjutnya pilih Pengaturan Keluaran

5. Setelah memilih Pengaturan Keluaran maka akan muncul seperti gambar dibawah dan pertama sobat bisa memilih besarnya video yaitu bisa kecil, sedang, besar atau 480p, 720p, 1080p, dll. Dan setelah itu klik Subtitle Tambahan dan Browse seperti yang ditunjuk anak panah

6. Setelah itu akan muncul kotak dialog dan pilih subtitle yang ingin sobat tambahkan dan klk Open

7. Setelah itu klik OK terus sampai hanya tinggal tampilan utamanya setelah itu klik Mulai atau Click to Start dan tunggu hingga selesai. Lamanya tergantung besar dari videonya karena juga sambil mengkonvert video jadi biasanya membutuhkan waktu beberapa jam.
PERINAGAT : jika sobat ingin menggabungkan subtitle maka videonya harus satu persatu dahulu namun jika hanya mengkonver video tanpa ada subtitlenya maka bisa langsung banyak.

Sekian postingan saya tentang  Cara Menggabungkan Subtitle Permanen (Hardsub) ke Video atau Film dengan Mudah. Jika ada pertanyaan maka sobat bisa tanyakan pasa kotak komentar yang sudah disediakan dibawah. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi pada postingan saya selanjutnya..
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
2 April 2021 pukul 18.22 ×

Kak mau tanya. Apakah bisa kita ngatur letak posisi subtitle nya? Misal di taruh di bagian atas videonya

Reply
avatar

Jika Anda ingin bertanya silahkan berkomentar dengan sopan gan dan JANGAN PASANG LINK DI KOMENTAR.... ConversionConversion EmoticonEmoticon