Cara Menggunakan Rumus dengan Fungsi Logika pada Microsoft Excel 2013

Cara Membuat Rumus dengan Fungsi Logika pada Microsoft Excel 2013 Terbaru - Haii sobat blogger ketemu lagi dengan saya dewan komputer. Pada kali ini saya akan membahas tentang contoh dan macam-macam fungsi logika pada microsoft excel. Sebenarnya semua excel itu sama saja entah itu 2003, 2007, 2010 dll. Fungsi logika merupakan fungsi untuk menganalisis sebuah ekspresi logika. Ekspresi logika pada umumnya berupa kalimat matematika atau kalimat yang menggunakan operator relasi matematik sehingga kalimat itu mengandung kebenaran. Operator relasi yang sering dipergunakan dalam membuat ekspresi logika yaitu :


Lambang
Fungsi
=
Sama dengan
Lebih kecil dari
Lebih besar dari
<=
Lebih kecil atau sama dengan
>=
Lebih besar atau sama dengan
<> 
Tidak sama dengan

Beberapa fungsi logika di antaranya sebagai berikut :

1. Fungsi AND
    Fungsi AND adalah fungsi untuk menganalisis kalimat-kalimat logika dan akan menghasilkan TRUE atau FALSE. Bentuk umum penulisan rumusnya :
=AND(logical1,logical2,logical3,...)
Fungsi AND akan menghasilkan TRUE jika semua kalimat logika bernilai benar dan akan menghasilkan FALSE jika ada minimal salah satu kalimat logika bernilai salah. 
Perhatikan contoh berikut :
a. =AND(B6>=60,C6>=70)
Penjelasan :
Artinya akan memberikan jawaban TRUE jika B6 berisi >=60 dan C6>=70. Dan akan menghasilkan FALSE jika ada satu atau keduanya tidak memenuhi kriteria tersebut.

b. =IF(AND(D2>=60,E2>=50),"Lulus","Tidak Lulus")
 Ini adalah fungsi gabungan dari IF AND yang merupakan fase tingkatan campuran.
Penjelasan :
Artinya akan memberikan jawaban "Lulus" jika A1 berisi >=60 dan B1 berisi >=50 jika tidak sesuai kriteria maka akan muncul jawaban "Tidak Lulus".


2. Fungsi OR
    Fungsi OR juga merupakan fungsi untuk menganalisis kalimat-kalimat logika dan akan menghasilkan TRUE atau FALSE. Bentuk umum penulisannya :
=OR(logical1,logical2,logical3,...)
Fungsi OR akan menghasilkan TRUE jika minimal ada satu kalimat logika bernilai benar dan akan menghasilkan FALSE jika semua kalimat logika bernilai salah. Perhatikan contoh berikut :
a. =OR(A1>=60,B1>=70)
Penjelasan :
Artinya akan memberikan jawaban TRUE jika sel A1 berisi >=60 atau sel B1 berisi >=70 dan jika tidak maka akan FALSE.

b. =IF(OR(D2>=60,E2>=60),"Lulus","Tidak Lulus")
 Ini adalah fungsi gabungan dari IF OR yang merupakan fase tingkatan campuran.
Penjelasan :
Artinya akan memberikan jawaban "Lulus" jika A1 berisi >=60 atau B1 berisi >=60. Jika tidak maka jawabannya akan "Tidak Lulus".


3. Fungsi IF
   Fungsi If dipergunakan untuk menguji sebuahekspresi logika sekaligus melaksanakan perintah berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Bentuk umum penulisannya :
=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
- logical_test berupa kalimat matematika yang dapat bernilai benar atau salah.
- value_if_true diisi dengan pernyataan atau ekspresi atau perintah atau bisa juga diisi rumus.
- value_if_false diisi dengan pernyataan atau ekspresidapat juga sebuag perintah.
Hail dari fungsi IF ditentukan oleh ekspresi logika. Kalau ekspresi logika bernilai benar maka perintah pada value_if_true akan dilaksanakan. Sebaliknya jika ekspresi logika bernilai salah maka value_if_false yang akan dilaksanakan. Dalam penulisan rumus jika pada value_if_true ataupun pada value_if_false akan diisi data teks harus ditulis dengan tanda apit rangkap ("..")
Contoh :
a. =IF(A1="L", "Laki-laki","Perempuan")
 Penjelasan :
 Artinya jika sel A1 berisi "L" maka pilihannya "Laki-laki" jika tidak maka yang akan muncul "Perempuan".

b. =IF(B5>=65,"Lulus","Tidak Lulus")
Penjelasan :
Artinya jika sel B1 nilainya >=65 maka hasilnya "Lulus" dan jika tidak maka hasilnya "Tidak Lulus".


Sekian postingan Cara Membuat Rumus dengan Fungsi Logika pada Microsoft Excel 2013 dari saya. Semoga bermanfaat dan apabila ada salah kata saya mohon maaf dan apabila ada pertanyaan atau masih bingung Anda bisa tinggalkan komentar pada kotak yang telah disediakan dibawah. Sampai ketemu lagi pada postingan saya lainnya..
Previous
Next Post »

Jika Anda ingin bertanya silahkan berkomentar dengan sopan gan dan JANGAN PASANG LINK DI KOMENTAR.... ConversionConversion EmoticonEmoticon