Cara Menginstal Dependency Form Helper Untuk Mengaktifkan HTML pada Laravel 5

Cara Menginstal Dependency Form Helper Untuk Mengaktifkan HTML pada Laravel 5 - Malam ini karena saya tidak bisa tidur jadi saya posting saja tentang Cara Menginstal Dependency Form Helper Untuk Mengaktifkan HTML pada Laravel 5. Seperti yang sobat tahu framework laravel ini adalah framework untuk membuat aplikasi berbasis php yang sedang naik daun saat ini. Namun untuk penggunaannya agak sedikit rumit karena harus menggunakan perintah command prompt setiap akan melakukan sesuatu.


Cara Menginstal Dependency Form Helper Untuk Mengaktifkan HTML pada Laravel 5


Sebelum memulai tutorial untuk menginstal html ini saya tekankan terlebih dahulu karena saya pada saat membuat tutorial ini adalah menggunakan Laravel versi 5 karena setiap versi pasti akan ada perbedaan. Jika Anda belum mempunyai master laravel versi 5, Anda bisa download Laravel 5 disini. Langsung saja kita mulai langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Buka command prompt dan pindahkan ke direktori proyek Anda contoh :
cd xampp\htdocs\latihan
2. Setelah itu Anda instal dengan cara ketikkan perintah  dan tunggu hingga proses penginstalan selesai.
composer require "illuminate/html":"5.0.*"
3. Setelah itu kita akan mengupdate file konfigurasi dan aliases. Caranya yaitu dengan buka pada "file proyek/config/app.php" dan tambahkan script yang bercetak miring berikut :

 
  'providers' => [

        /*
         * Laravel Framework Service Providers...
         */
        .......
        'Illuminate\Html\HtmlServiceProvider',
    ],

    'aliases' => [
        ......
        'Form'        => 'Illuminate\Html\FormFacade',
        'HTML'        => 'Illuminate\Html\HtmlFacade',

    ],

4. Jika Anda sudah menambahkan script seperti diatas, selanjutnya save.

5. Untuk mengecek apakah html Anda sudah berhasil terinstal atau belum Anda bisa mengetikkan perintah berikut pada command prompt yang tentunya direktori ada pada folder proyek Anda

php artisan tinker

 lalu ketikkan kembali

Form::text('dery')

Jika Hasilnya "<input= name=\"dery\" type\"text\">" berarti proyek Anda sudah berhasil terinstal HTML. Screenshotnya seperti dibawah ini


Namun jika Anda belum berhasil dan Anda baru akan memulai membuat proyek, saya sudah menyediakan master laravel versi 5 yang sudah terinstal HTML dan seharusnya Anda tinggal pakai saja. Untuk Master Laravel 5 yang terinstal HTML bisa download disini.

Sekian postingan saya tentang Cara Menginstal Dependency Form Helper Untuk Mengaktifkan HTML pada Laravel 5 Jika ada salah kata saya mohon maaf. Dan jika ada yang ditanyakan Anda bisa menanyakan pada kolom komentar yang sudah disediakan dibawah. Sampai ketemu pada postingan saya yang lain.
Previous
Next Post »

Jika Anda ingin bertanya silahkan berkomentar dengan sopan gan dan JANGAN PASANG LINK DI KOMENTAR.... ConversionConversion EmoticonEmoticon